Our Story.
Share anything about our laboratorium

Modul 1 LCD



C. Menampilkan Karakter Pada LCD
Prosedur Percobaan:
1. Pastikan semua supply dalam keadaan off
2. Hubungkan jumper seperti rangkaian dibawah
3. Buatlah listing program yang telah ada pada modul
4. periksakan rangkaian kepada asisten yang mengawas
5. Hidupkan semua supply
6. Upload program dari laptop ke modul
7. Tekan tombol Reset
8. Amati percobaan, jika tidak sesuai perbaiki rangkaian atau program
9. Jika sesuai, maka selesai dan demokan pada asisten yang mengawas
10.Jelaskan prinsip kerja + program dan hubungan keduanya kepada asisten
11.Demokan ke pembimbing praktikum
12.Matikan supply

  
1. Hardware 
[kembali]


2. Rangkaian Simulasi [kembali]
Prinsip Kerja:
Pada rangkaian ini, yaitu menampilkan karakter pada LCD, membutuhkan beberapa komponen seperti Mikroprosesor ATMega128 sebagai otak dari rangkaian ini, LCD sebagai keluaran berupa gambar atau karakter, serta keypad dan switch sebagai masukan, tidak lupa juga ditambahkan kristal sebagai "clock" atau pendetak bagi mikroprosesor ATMega128 itu sendiri seperti pada rangkaian, LCD dihubungkan dengan PORT A, keypad pada PORT D, dan switch pada PORT B. Ketika angka 1 pada keypad ditekan, maka pada LCD akan menampilkan tulisan "Anda menekan 1", ketika angka 5 ditekan, maka akan tampil tulisan "Anda menekan 5", dan ketika switch pertama ditekan, makan pada LCD akan tampil tulisan "Anda menekan switch pertama".

3. Flowchart [kembali]
4. Listing Program [kembali]
#include <mega128.h>        //Merupakan library ATMega128
#include <alcd.h>                //Merupakan library LCD
#include <delay.h>               //Merupakan library dwaktu tunggu (delay)

void keypad()
{
PORTC=0b1111011;         // Mengaktifkan angka yang ditekan pada Keypad di PORTC
delay_ms(1);    // Delay 1 ms
if (PINC.4 == 0)    // Jika menekan tombol keypad yg terhubung ke PINC.4 aktif low
  {        
    lcd_gotoxy(1,0);    // Posisi tulisan pada LCD
    lcd_putsf("Anda Tekan 1");  // Mencetak tulisan pada LCD
    delay_ms(50);    // Delay selama 50 ms
    lcd_clear();          // Membersihkan / reset LCD
  }

PORTC=0b1111101; //Mengaktifkan angka yang ditekan pada Keypad di PORTC
delay_ms(1);     // Delay selama 1 ms
if (PINC.4 == 0)   // Jika menekan tombol keypad yg terhubung ke PINC.4 aktif low
  {
    lcd_gotoxy(1,0);    // Posisi tulisan pada LCD
    lcd_putsf("Anda Tekan 2");  // Mencetak tulisan pada LCD
    delay_ms(50); // Delay selama 50 ms
    lcd_clear(); // Membersihkan / reset LCD
  }
}

void main(void)  // Fungsi utama
{
    PORTD=0x00; // Deklarasi PORTD aktif low
    DDRD=0x00;   // Deklarasi PORTD sebagai output
    PORTC=0xff; // Dekalarasi PORTC aktif high
    DDRC=0x0f;   // Deklarasi PORTC sebagai input dan output
    lcd_init(16); //  Menggunakan LCD tipe 16 * 2
    while(1)

    {
       keypad(); // Memanggil keypad  
       if (PIND.0 == 1) // Jika PIND.0 ditekan aktif high
        {              
         lcd_gotoxy(1,0); // Posisi tulisan pada LCD
         lcd_putsf("Tekan Switch 1"); // Mencetak tulisan pada LCD
         delay_ms(50); // Delay selama 50 ms
         lcd_clear(); // Membersihkan /reset LCD
        }  
       if (PIND.1 == 1) // Jika PIND.1 ditekan aktif high
        {    
         lcd_gotoxy(1,1); // Posisi tulisan pada LCD
         lcd_putsf("Tekan Switch 2"); // Mencetak tulisan pada LCD
         delay_ms(50); // Delay selama 50 ms
         lcd_clear();             // Membersihkan /reset LCD
        }
    }
} // Akhir program

5. Video [kembali]


Ketika angka 1 pada keypad ditekan, maka pada LCD akan menampilkan tulisan "Anda menekan 1", ketika angka 5 ditekan, maka akan tampil tulisan "Anda menekan 5", dan ketika switch pertama ditekan, makan pada LCD akan tampil tulisan "Anda menekan switch pertama".


7. Link Download [kembali]
File HTML - Download
File Proteus - Download
File Program - Download
Video Rangkaian - Download
@makyunus12 @makyunus12 Author

About

Popular Posts

Find Us

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *